Halo, teman-teman! Kali ini kita akan membahas cara membuat Danbo, si robot kotak yang lucu, menggunakan Blender. Bagi kalian yang belum tahu, Danbo adalah karakter dari manga "Yotsuba&!" yang terkenal dengan desainnya yang sederhana dan menggemaskan. Jadi, siap-siap ya, kita akan berkreasi!
Membuat Bentuk Dasar
Langkah pertama adalah membuat bentuk dasar Danbo. Di Blender, kita akan menggunakan objek 2 yang kita jadikan bentuk balok. Caranya, klik pada menu "Add" di bagian atas, lalu pilih "Mesh" dan klik "Cube". Setelah itu, kita akan mengubah ukuran kubus ini agar menyerupai kepala dan tubuh Danbo. Gunakan alat "Scale" untuk memperbesar atau memperkecil ukuran kubus sesuai kebutuhan.
Menambahkan Detail Wajah
Setelah kepala dan tubuhnya siap, saatnya kita menambahkan wajah Danbo. Buatlah dua Silinder kecil untuk mata dan satu Prisma lagi untuk mulut. Untuk membuat Prisma, Kalian bisa menggunakan Silinder lalu kalian bisa ubah Verticesnya menjadi 3. Jangan lupa untuk mengatur posisi dan ukuran agar terlihat proporsional. Kalian bisa menggunakan alat "Move" untuk memindahkan objek-objek ini ke tempat yang tepat.
Kita akan membuat mata dan mulut berlubang. Caranya, gabungkan objek mata dan mulut menjadi satu, dengan select objek yang ingin digabung lalu tekan tombol Ctrl + J. Setelah digabung klik kepala Danbo lalu kita ke panel Properties, di tab Modiefier(Berbentuk Kunci Inggris) lalu tambahkan Mod Boolean. Setelah menambahkan mod bolean klik kotak kosong di samping objek, lalu pilih objek gabungan mata dan mulut. Tekan tombol Ctrl + A untuk Apply. Setelah di Apply klik mata atau hidung, lalu tekan Delete.Membuat Kardus Terbuka
Untuk membuat kardus terbuka. Kita harus ada di Edit Mode, lalu pilih Edge Selection Mode. Pilih sisi yang ingin dipanjangkan lalu tekan E untuk Extrude lalu tekan tombol X atau Y sesuai arah yang kamu ingin. Ulangi cara tersebut hingga semua sisi.
Untuk menurunkan kardus yang masih terakat klik satu sisi lalu tekan G dan Z untuk memindahkan sisi ke bawah. Ulangi untuk semua sisi.
Membuat Bahu
Kita bisa buat bahu dengan tambahan objek UV Sphere/Bulat. Scale Sphere sehingga sesuai ukuran bahu yang diinginkan, Kalian bisa menggunakan alat "Move" untuk memindahkan bahu ini ke tempat yang tepat.
Membuat Tangan dan Kaki
Sekarang, kita perlu membuat tangan dan kaki Danbo. Caranya mirip dengan membuat tubuh, yaitu dengan menggunakan objek kubus. Buatlah dua kubus menjadi tangan dan dua lagi untuk kaki. Pastikan semua bagian terhubung dengan baik agar Danbo terlihat utuh. Kalian bisa menggunakan alat "Join" untuk menggabungkan semua bagian menjadi satu objek.
Komentar