Membuat Bintang di Blender: Belajar Bersama


Selamat datang! Pada kesempatan kali ini, kita akan belajar cara membuat objek bintang di Blender. Proses buat ini sangat sederhana dan cocok untuk pemula seperti kita yang ingin meningkatkan kreativitas. Dengan mengikuti langkah-langkah yang akan dijelaskan, kamu akan dapat membuat objek bintang yang menarik dalam waktu singkat. Selain itu, tutorial ini juga akan memberikan pemahaman dasar tentang pengaturan objek dalam desain grafis. Jadi, siapkan dirimu untuk  dan mari kita mulai belajar bersama-sama. Pastikan kamu mengikuti setiap langkah dengan seksama agar hasilnya baik.

Langkah Langkahnya

Pertama-tama, buka aplikasi Blender di komputermu. Setelah itu, kamu bakal melihat tampilan awal yang penuh dengan objek default. Biasanya ada kubus di tengah-tengah. Kita bisa hapus kubus itu dengan Klik kubus hingga ada garis kuning di tepi kubus dan tekan tombol X di keyboard atau pilih "Delete" untuk menghapus kubus.

Setelah menghapus kubus, Sekarang kita mau nambahin objek baru. Pastikan kamu sudah berada di mode Object. Setelah itu, tekan tombol Shift + A di keyboard kamu. Ini akan membuka Menu Add. Di menu tersebut, cari opsi "Mesh" dan kemudian pilih "Circle". Nah, setelah itu, kamu akan melihat circle muncul di scene kamu. Kamu bisa mengatur jumlah vertex dan radius circle di panel yang muncul di sebelah kiri setelah menambahkannya. Kamu bisa ubah Vertices dan Fill Type, atau anda bisa ikuti gambar dibawah. Ini bakal jadi dasar bintang kita.
Setelah itu, lihat di sisi kanan layar, di mana ada panel Properties, 
yang biasanya ditandai dengan ikon berbentuk kubus. Di situ, kamu akan menemukan beberapa tab yang kita butuhkan untuk mengubah ukuran dan lokasi objek.
Nah, setelah kamu klik tab itu, kamu akan melihat beberapa opsi. Untuk mengubah lokasi objek, cari tab bagian yang bernama "Transform". Di situ, ada kolom "Location" , Rotation" dan "Scale" dan terdapat X, Y, dan Z yang menunjukkan posisi dan ukuran objek di ruang 3D. Kamu tinggal ketik angka baru di kolom tersebut sesuai keinginanmu. Misalnya, kalau kamu mau objeknya lebih ke kanan, kamu bisa tambahin angka di kolom X. Atau anda dapat ikuti ukuran dari kami.

Setelah ukuran objek berubah. Selanjutnya kita beralih ke mode "Edit Mode", anda bisa dengan menekan tombol "Tab" di keyboard. Begitu kamu menekan "Tab", objekmu akan beralih dari Object Mode ke Edit Mode. 
Setelah berada di Edit Mode, kamu bisa memilih Vertex Mode. Di sebelah kiri viewport 3D, ada toolbar yang berisi ikon pemilihan. Cari ikon yang berbentuk titik (vertex) dan klik di situ. 

Lalu di menu "Workspace" kita klik "Select" lalu kita pilih "All". Masih di menu "Workspace", kita kembali klik "Select" lalu klik "Checker Deselect", ini akan membuat objek yang di pilih menjadi seperti gambar dibawah. Tekan tombol "S" untuk mengubah skale atau ukuran objek. Seret mouse ke tengah sehingga objek menjadi berbentuk bintang.

Masih di scene Edit Mode, pilih semua bagian objek dengan menekan "A" di keyboard. Lalu, kita masuk ke proses extrude dengan menekan "E" di keyboard. Saat kamu menekan E, Blender akan langsung mengaktifkan mode extrude, dan kamu bisa menentukan arah pengembangannya. Agar bintang berkembang ke arah yang sesuai, tekan "Y" setelah menekan E. Ini akan memastikan extrude bergerak sesuai dengan sumbu Y. Setelah itu, geser kursor, Kalau sudah sesuai, tekan Enter atau klik kiri untuk mengunci perubahan.
Lalu tekan tombol "Ctrl" + "R" untuk menambahkan Loop Cut atau garis pemisah (edge loop) di sepanjang permukaan mesh. Lalu arahkan mouse ke objek sampai garis pemisah muncul, setelah itu klik dua kali mouse kiri untuk mengunci garis pemisah.

Setelah itu, masih di Vertex Mode. Select tiga titik di sudut bintang lalu tekan tombol "M" di keyboard, lalu pilih At Center, Ulangi cara tersebut sampai kelima sudut bintang.

Langkah selanjutnya, Pastikan kamu sudah berada di mode Object. Klik Objek yang mau kamu bevel. Setelah itu, buka panel Properties yang ada di sebelah kanan layar. Di situ, cari tab yang namanya "Modifier" (ikon kunci inggris).

Setelah itu, klik tombol "Add Modifier" dan pilih "Bevel" dari daftar yang muncul. Nah, di sini kamu bisa atur beberapa hal, seperti "Width" dan "Segments" untuk menentukan seberapa besar bevel yang kamu mau.
Kalau sudah puas dengan pengaturannya, jangan lupa klik "Apply" di modifier itu supaya perubahan yang kamu buat permanen.

Nah, sekarang bagian pewarnaan. Kamu perlu Aktifin Bloom untuk mendapatkan sinar glow dari bintang. Pergi ke "Properties" di panel sebelah kanan. Di situ, cari Tab "Render Properties" dan centang opsi "Bloom".

Untuk memberi warna pada bintang kita perlu menuju Shader Editor. Di bagian bawah jendela Blender(biasanya area yang ada di bawah viewport 3D). Kemudian, pilih "Shader Editor" dari menu dropdown.
Setelah itu klik tanda tambah untuk menambah shader. 
Secara defaul akan ada dua Shader yang muncul yaitu Principled BSDF dan Material Output.
Hapus Principled BSDF, lalu tambahkan Shader Emission dengan klik kanan mouse lalu pilih ADD lalu Shader dan pilih Emission. Sambungkan Emmision ke Surface dengan klik titik hijau ke titik yang lain.

Untuk melihat hasilnya anda perlu ganti Mode 3D Viewport Solid Preview ke Render Preview. Render Preview biasanya terdapat di kanan atas 3D Viewport.




Nah, itu dia! Sekarang kamu sudah tahu cara membuat bintang di Blender dengan mudah. Jangan ragu untuk bereksperimen dan berkreasi lebih jauh. Selamat bekerja, dan semoga hasilnya bikin kamu PD! Sampai jumpa di tutorial berikutnya!
Semoga kamu terus semangat berkarya dan menemukan banyak kesenangan dalam prosesnya! Sampai jumpa!

Komentar